Halaman

Selasa, 10 September 2013

Kumbang Badak (Oryctes rhinoceros)

Kumbang Badak adalah binatang unik yang biasa ditemukan diladang dan kebun sekitar rumah kita. Binatang ini diklasifikasikan ke dalam ordo Coleoptera, famili Scarabidae dan subfamili Dynastinae, nama latin kumbang tanduk adalah Oryctes rhinoceros.

Kumbang badak adalah salah satu species kumbang yang unik. Keunikannya dapat terlihat dari bagian kepalanya yang memiliki sepasang tanduk besar dan aneh yang menyerupai cula dan tubuhnya yang diselubungi oleh cangkang yang keras.

Kumbang badak termaksud hewan nokturnal, yaitu hewan yang beraktifias dimalam hari. Pada siang hari biasanya mereka bersembunyi dibawah material – material pohon. Kumbang badak tidak berbahaya bagi manusia, mereka hanya makan getah pohon seperti pohon kelapa atau aren. Kumbang badak senang menempel pada kain atau benda – benda yang memiliki serat. Kumbang badak dewasa dapat berukuran sekitar 6 cm.

Kumbang badak adalah hewan terkuat di dunia mengalahkan gajah. Kumbang badak sanggup menarik dan mengangkat benda yang beratnya 850 kali berat tubuhnya.

Kumbang badak jantan berukuran lebih panjang dari kumbang badak betina. Kumbang badak jantan memiliki tanduk besar dikepalanya yang memiliki fungsi utama untuk bertarung melawan kumbang badak jantan lainnya untuk memperebutkan kumbang jantan betina dan getah pohon kekuasaannya.

Kumbang badak mengalami metamorphosis sempurna yaitu dari telur – larva – kepompong – bayi kumbang badak – kumbang badak dewasa. Kumbang badak betina akan mengeluarkan telurnya kedalam tanah yang permukaannya dipenuhi oleh sisa – sisa tumbuhan yang membusuk. Telur tersebut akan menetas menjadi larva yang bentuknya mirip ulat berwarna pucat namun memiliki 3 pasang kaki.

Larva kumbang badak hidup dengan memakan sisa – sisa material tumbuhan yang membusuk tersebut. Larva kumbang badak mengalami fase istirahat dalam bentuk kepompong. Kepompong tersebut menetas menjadi bayi kumbang badak. Bayi kumbang badak tersebut akan tumbuh menjadi kumbang badak dewasa yang memiliki cangkang keras. Kumbang badak memiliki umur yang singkat yaitu satu tahun.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar